SERUAN BAHASA DE BRITTO


Judul buku : Sekolah Bukan Pasar

Penulisl : St. Kartono

Penerbit : Kompas

Cetakan : Pertama, Juni 2009

Tebal : x + 221 halaman









Sebagaiamana kita tahu, pendidikan merupakan komoditas negeri yang yang sangat penting bagi kemajuan bangsa. Bila membicarakan pendidikan, maka akan akan muncul di benak kita bayangan suatu sekolah yang asri, guru tanpa tanda jasa, dan kepala sekolah yang berwibawa meminpin sekolahnya menuju rangking yang tinggi.

Namun, tak semua pendidikan di Indonesia ini, mempunyai sisi yang terang. Di buku Sekolah Bukan Pasar ini, penulis mengungkapkan berbagai masalah yang dialami pendidikan didewasa ini secara lugas. Mulai dari ulah petinggi sekolah yang membuat orang tua murid makin pusing memikirkan biaya pendidikan yang makin hari makin naik tajam karena pungutan yang semakin bervariasi, lalu bagaimana seorang guru harus berpikir kreatif demi kemajuan pendidikan, sampai pola pengajaran yang baik yang dialami oleh penulis. Dalam buku ini terdapat berbagai kumpulan artikel yang pernah ditulis penulis dan dimuat di berbagi media cetak. Buku yang terdiri dari 221 halaman ini terbagi menjadi 3 bab. Empat puluh empat sub bab dalam buku ini digarap apik dalam bahasa yang dapat dicerna berbagai kalangan masyarakat.

Penulisan sub bab yang runtut dan sesuai dengan bab dapat membantu kita mencerna masalah pendidikan satu demi satu sesuai realita yang dilihat oleh penulis. Kualitas tulisan di buku ini juga tak perlu diragukan karena pengalaman penulis selama 18 tahun bergelut dengan pendidikan ini menghasilkan berbagai artikel yang sudah dimuat di media massa daerah sampai nasional.

Buku Sekolah Bukan Pasar ini dapat diperhitungkan sebagai buku yang perlu dimiliki sebagai koleksi buku yang mengulas tentang pendidikan karena isinya dapat mendatangkan inspirasi bagi kalangan yang lekat dengan pendidikan maupun kalangan awam . Isi buku ini juga merupakan kritik sosial yang dapat menjadi bahan refleksi diri bagi berbagai institusi yang bergerak di sektor pendidikan serta perangkat-perangkatnya.(NVE)

Categories:

Leave a Reply